Minggu, 06 Oktober 2013

BELAJAR BAHASA JEPANG 1



Sedikit aja nih, kita saling menukar informasi pengetahuan untuk sama-sama mencerdaskan semua manusia :).

Setiap saat kita bertemu dengan seseorang, sebaiknya kita memberi salam atau sapaan sebagai bentuk penghargaan serta rasa menghormati atau bahkan menjalin keakraban dengan Orang yang kita beri salam.
Di jepang sendiri budaya memberi salam sangat dipelihara oleg masyarakatnya, kalau kita memberi salam biasa diikuti denga berjabat tangan, di jepang sendiri memberi/mengucapkan salam sambil melakukan ojogi (membungkukkan badan).
saya akan memberitahu dasar yg  saya ketahui dan telah saya pelajari. Douzo (silahkan) !


ohayou gozaimasu (おはよう  ございます) : selamat pagi
konnichiwa (こんにちわ) : selamat siang
konbanwa (こんばんわ): selamat malam
Ohisashiburi desune (おひさしぶり ですね)  : lama tidak bertemu ya
shibaraku desune (しばらく ですね) : belakangan ini jarang bertemu ya
Ogenki desuka (おげんき ですか) : apa kabar?
genki desu (げんき です) : baik-baik saja
okagesama de genki desu (おかげさま で げんきです) : alhamdulillah, baik-baik saja
tadaima (ただいま) : saya pulang / saya datang
okaerinasai (おかえりなさい) : selamat datang / selamat pulang
oyasuminasai (おやすみなさい) : selamat tidur / selamat istirahat
sayounara (さようなら) : selamat tinggal
ja mata (じゃ また) : sampai jumpa lagi
matane (またね) : sampai jumpa lagi
mata ashita (また あした) : sampai besok
~ san (さん) : kata panggilan untuk bapak/ibu/saudara/saudari ~
~ sensei (せんせい) : guru ~
hai (はい) : iya
iie (いいえ) : tidak/bukan
mo (も) : juga

segini dulu, nanti  akan saya tambah kan kembali.

Terimakasih telah mau membaca ini. Sampai jumpa. :D 

 ありがとう みんなさん😍

Tidak ada komentar:

Posting Komentar