Index tugas Mata Kuliah MK Filsafat Pendidikan.
Nama : Robbiathul Adawiyah (2227150073)
Kelas : 3b PGSD
9. Local Wisdom
10. Artikel
d. UAS MK Filsafat Tidak Ada Hal yang Membuat Manusia Tidak Tertarik Untuk Mengupasnya
11. Belajar bahasa Jepang 1
25. Rasionalisme
26. Empirisme
32. Pengertian Ilmu
34. Metafisika
42. Filsafat Pendidikan Ibnu Sina - Kurikulum Pendidikan Ibnu Sina
43. Filsafat Pendidikan Ibnu Sina - Guru dan Metode Pendidikan
44. Faedah atau pelajaran yang bermanfaat bagi dunia pendidikan - Filsafat Pendidikan Ibnu Sina
45. Filsafat Pendidikan Ibnu Sina - Pentingnya Kecerdasan Akal
46. Filsafat Pendidikan Ibnu Sina - Aspek Emosi
47. Filsafat Pendidikan Ibnu Sina - Kecerdasan Spiritual
48. Filsafat Pendidikan Ibnu Sina - Kesatuan Jiwa dan Raga
49. Filsafat Pendidikan Ibnu Sina - Pentingnya Pendidikan Akhlak
50. Epistemologi - Jarum Sejarah Pengetahuan
51. Epistemologi - Metode Ilmiah
52. Epistemologi - Struktur Pengetahun Ilmiah
53. Epistemologi - Sarana Berpikir Ilmiah
54. Ilmu Sebagai Aktivitas
55. Bimbingan Peserta Didik
56. Pendidikan Menurut Filsafat Ikhwan Al-Shafa
57. Pendidikan Menurut Filsafat Suhrawardi
58. Pendidikan Menurut Filsafat Mulla Shadra
59. Pendidikan Menurut Al-Ghazali
60. Pendidikan Menurut Ibn Khaldun
61. Pendidikan Menurut Naquib Al-Attas
62. Perbandingan Pemikiran Filsafat Pendidikan Menurut Para Filsuf Muslim
63. Manusia dan kebenaran
64. Teori kebenaran
65. Sikap ilmiah
66. Kerangka Berpikir Ilmiah
67. Berpikir dan Konsep berpikir
68. Hakikat berpikir ilmiah
69. Metode berpikir ilmiah
70. Langkah-langkah berpikir ilmiah
71. Konsep berpikir sistemik
72. Berpikir sistemik (systemic thinking)
73. Alur berpikir sistemik
74. Langkah penerapan berpikir sistemik
75. Contoh penyelesaian studi kasus menggunakan pendekatan berpikir sistem
76. System thinker
77. Pengertian ontologi
78. Aspek ontologi
79. Fungsi dan manfaat ontologi
80. Metode Ontologi
81. Ontologi dalam struktur ilmu, posisi, dan peran penting ontologi
82. Monoisme
83. Dualisme
84. Nihilisme
85. Pluralisme
86. Agnotisisme
87. Pengertian Epistemologi - bagian 1
88. Pengertian Epistemologi - bagian 2
89. Cakupan Epistomologi
90. Sejarah Epistomologis
91. Aliran-aliran dalam Epistemologis.
92. Metodologi memperoleh pengetahuan
93. Jenis-jenis pengetahuan
94. Hubungan epistemologi dengan ilmu-ilmu lain
95. Pengertian Pendidikan
96. Berbagai Pengertian Filsafat Pendidikan
97. Hubungan Filsafat dan Pendidikan
98. Manfaat Belajar dan Ruang Lingkup Kajian Filsafat Pendidikan
99. Tiga Landasan Utama Filsafat Pendidikan
100. Landasan Ontologis Pendidikan
1. Landasan Epistemologis Pendidikan
2. Landasan Aksiologis Pendidikan
3. Definisi Teknologi dari Berbagai Sumber
4. Definisi Seni
5. Teknologi dan Seni
6. Penempatan Fungsi Filsafat terhadap Perkembangan Teknologi
7. Ilmu (teknologi) sebagai kajian filsafat
8. Fungsi filsafat dalam mengkaji teknologi dan seni
9. Teknologi yang Humanis
10. Peranan Filsafat Ilmu dalam Penjelajahan IPTEK dan Seni
11. Komplementaritas ilmu dan pengetahuan
12. Aliran-aliran Filsafat Pendidikan
13. Perenialisme
14. Landasan Ontologis Perenialisme
15. Landasan Epistemologis Perenialisme
16 Landasan Aksiologis Penerialisme
17. Konsep Pendidikan menurut Perenialisme
18. Perbedaan: Mengajar dan Belajar menurut Thomas Aquinas
19. Pendidikan Moral
20. Pandangan tentang Peserta Didik dan Pendidik
21. Memahami dimensi aksiologi
22. Definisi aksiologi
23. Nilai
24. Logika
25. Etika
26. Estetika
27. Ilmu, nilai, dan tanggung jawab ilmuan
28. Kegunaan aksiologi terhadap tujuan ilmu pengetahuan
29. Kaitan aksiologi dengan filsafat ilmu
30. Essensialisme
31. Landasan Ontologis Esensialisme
32. Landasan Epistemologis Esensialisme
33. Landasan Aksiologis Essensialisme
34. Pandangan Esensialisme dalam Pendidikan dan Belajar.
35. Pandangan Essensialisme tentang Kurikulum
36. Progresivisme
37. Landasan Ontologis Progresivisme
38. Landasan Epistemologis Progresivisme
39. Landasan Aksiologis Progresivisme
40. Pandangan Progresivisme tentang Asas Belajar
41. Pandangan Progresivisme terhadap Kurikulum dan Metode
42. Rekonstruksionisme Sosial
43. Rekonstruksionisme Sosial - b. Pandangan tentang Pendidik, Peserta Didik, dan Kurikulum
44. Riwayat Hidup Paulo Freire
45. Paulo Friere - Coscientizacao sebagai Tujuan Pendidikan
46. Paulo Freire - Tiga Fase Kesadaran
47. Henry Giroux - Riwayat Hidup Giroux
48. Henry Giroux - Hakikat dan Tujuan Pendidikan
49. Henry Giroux - Peran Pendidik sebagai Intelektual bagian 1
50. Henry Giroux - Peran Pendidik sebagai Intelektual bagian 2
51. UJIAN AKHIR SEMESTER MK PENGELOLAAN PENDIDIKAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar