Essensialisme merupakan aliran
filsafat pendidikan yang tumbuh pertama kali di Amerika Serikat. Essensialisme
merupakan aliran filsafat pendidikan yang ingin kembali kepada
kebudayaan-kebudayaan lama sebagai warisan sejarah yang telah membuktikan
keunggulan dalam kebaikan-kebaikan bagi kehidupan manusia. Humanisme merupakan
filsafat yang mendasari essensialisme.
Humanisme merupakan pandangan yang
memberikan reaksi terhadap hidup yang mengarah kepada keduniawian, serba ilmiah
dan materialistik. Selain itu Essensialisme dipengaruhi juga oleh filsafat
idealisme dan realisme dengan tokoh Plato dan Aristoteles. Esensialisme
memandang bahwa pendidikan harus berpijak pada nilai-nilai yang dapat memiliki
kejelasan dan tahan lama yang memberikan kestabilan dan nilai-nilai terpilih
yang mempunyai tata yang jelas (Jalaludin Idi & Abdullah, 2010: 100).
Nilai-nilai yang telah terbukti dalam kenyataan membawa kebaikan masyrakat, dan
nilai-nilai berasal utamanya dari jaman renaissance. Renaissance merupakan
tonggak awal munculnya aliran ini dan berkembang pesat pada pertengahan kedua
abad ke-19.
Tujuan umum aliran esensialisme
adalah membentuk seseorang yang berguna dan berkompeten. Isi pendidikannya
mencakup ilmu pengetahuan, kesenian dan segala hal yang mampu menggerakkan
manusia untuk bertindak sesuai dengan kehendaknya. Kurikulum sekolah bagi
esensialisme analog dengan miniatur dunia yang bisa dijadikan sebagai ukuran
kenyataan, kebenaran, dan keagungan. Oleh karena itu, dalam sejarah
perkembangannya kurikulum esensialisme dipengaruhi oleh filsafat idealisme dan
realisme. Essensialisme merupakan sebuah istilah yang menegaskan bahwa
pendidikan yang baik dan benar terdiri dari pembelajaran keterampilan dasar
(membaca, menulis, berhitung), seni, dan ilmu pengetahuan. Kesemuanya tadi berguna
untuk manusia di masa lalu dan adanya keyakinan bahwa hal inilah yang besar
kemungkinan akan berguna pada kehidupan di masa yang akan datang (Gutek,
1974:86).
*****************************************
Sumber:
Rukiyati dan Andriani
Purwastuti, L. 2015. Mengenal Filsafat Pendidikan.
Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar