Filsafat mempunyai hubungan yang erat
dengan pendidikan, baik pendidikan dalam arti teoretis maupun praktik. Setiap
teori pendidikan selalu didasari oleh suatu sistem filsafat tertentu yang
menjadi landasannya. Demikian pula, semua praktik pendidikan yang diupayakan
dengan sungguh-sungguh sebenarnya dilandasi oleh suatu pemikiran filsafati yang
menjadi ideologi pendorongnya.
Pemikiran filsafati tersebut berusaha untuk
diwujudkan dalam praktik pendidikan. Pernyataan tersebut sejalan dengan
pendapat Barnadib (1994: 4) bahwa filsafat pendidikan pada dasarnya merupakan
penerapan suatu analisis filosofis terhadap lapangan pendidikan. Dewey (via
Barnadib, 1994: 4) seorang filsuf Amerika yang sangat terkemuka mengatakan
bahwa filsafat merupakan teori umum dari pendidikan, landasan dari semua
pemikiran mengenai pendidikan. Selanjutnya, Barnadib (1994: 5) mengatakan bahwa
hubungan filsafat dan pendidikan dapat dibedakan menjadi dua berikut ini.
1. Hubungan keharusan Berfilsafat
berarti mencari nilai-nilai ideal (cita-cita) yang lebih baik, sedangkan
pendidikan mengaktualisasikan nilai-nilai ini dalam kehidupan manusia.
Pendidikan bertindak mencari arah yang terbaik, dengan berbekal teoriteori
pendidikan yang diberikan antara lain oleh pemikiran filsafat.
2. Dasar pendidikan Filsafat mengadakan
tinjauan yang luas terhadap realita termasuk manusia, maka dibahaslah antara
lain pandangan dunia dan pandangan hidup. Konsepkonsep ini selanjutnya menjadi
dasar atau landasan penyusunan tujuan dan metodologi pendidikan. Sebaliknya,
pengalaman pendidik dalam realita menjadi masukan dan pertimbangan bagi
filsafat untuk mengembangkan pemikiran pendidikan. Filsafat memberi dasar-dasar
dan nilai-nilai yang sifatnya das Sollen (yang seharusnya), sedangkan praksis
pendidikan berusaha mengimplementasikan dasar-dasar tersebut, tetapi juga
memberi masukan dari realita terhadap pemikiran ideal pendidikan dan manusia.
Jadi, ada hubungan timbal balik di antara keduanya.
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Sumber:
Rukiyati dan Andriani Purwastuti, L. 2015. Mengenal
Filsafat Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar