Jumat, 17 Maret 2017

Analisis RPP Buku Paket IPA Kelas 6 Semester 2

Semester 2
·       Materi pokok          : Energi dan perubahannya
·       Kompetensi Dasar  : 7.1 melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat-jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas). 

RPP tersebut sudah benar, metode yang di gunakan juga sudah benar dengan menggunakan metode ceramah dan praktik, alasannya menggunakan metode ceramah dan praktik adalah sebuah cara melaksanakan pengajaran yang dilakukan oleh guru salah satu cara untuk mencapai tujuan artinya metode harus menunjang pencapaian tujuan pengajaran jadi metode dapat dijadikan sebagai cara  yang efektif untuk mencapai tujuan pengajaran.
Hanya menambahkan model dan pendekatan yang cocok yang bisa di gunakan dalam materi ini. Karena di rpp tersebut melibatkan peserta didik secara aktif maka model dan pendekatan yang cocok yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Active Learning (cara belajar siswa aktif) dan menggunakan pendekatan inkuiri.
Alasannya menggunakan model pembelajaran Active Learning yaitu yang lebih banyak peserta didik untuk lebih berperan aktif dalam proses pengajaran, siswa mengajukan pendapat serta memecahkan masalah baik secara individu atau kelompok.
Alasannya menggunakan pendekatan inkuiri bersifat mancari tahu atau melakukan eksperimen sendiri secara luas sehingga peserta didik lebih aktif dalam menyelesaikan suatu permasalahan ketika peserta didik sedang belajar dengan menggunakan proses inkuiri, mereka menggunakan ide-ide seperti ilmuan. Di sini Guru berperan sebagai  fasilitator, guru dalam pembelajaran inkuiri adalah membantu siswa selama  proses mencari pengetahuan mereka sendiri.

·       Materi pokok          : Energi dan perubahannya
Kompetensi Dasar : 7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energy listrik

Rpp tersebut sudah benar, metode yang di gunakan juga sudah benar dengan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi karena metode yang digunakan untuk memperlihatkan sesuatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan bahan pelajaran. alasannya menggunakan metode ceramah dan demonstrasi adalah sebuah cara melaksanakan pengajaran yang dilakukan oleh guru salah satu cara untuk mencapai tujuan artinya metode harus menunjang pencapaian tujuan pengajaran jadi metode dapat dijadikan sebagai cara  yang efektif untuk mencapai tujuan pengajaran. Dan di rpp tersebut melibatkan peserta didik secara aktif maka model dan pendekatan yang cocok yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan menggunakan pendekatan inkuiri.
Alasannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa, aktifitas pembelajaran berpusat pada siswa, yakni mempelajari materi pelajaran serta berdiskusi untuk memecahkan masalah.
Alasannya menggunakan pendekatan inkuiri bersifat mancari tahu atau melakukan eksperimen sendiri secara luas sehingga peserta didik lebih aktif dalam menyelesaikan suatu permasalahan aktifitas pembelajaran berpusat pada siswa, yakni mempelajari materi pelajaran serta berdiskusi untuk memecahkan masalah .

·       Materi pokok                      : hemat energy
Kompetensi Dasar              : 8.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.
metode                               : ceramat dan diskusi
Menurut saya Metode ceramah  dan diskusi cocok digunakan untuk materi ini. karena dalam setiap pembelajaran metode ceramah itu sudah pasti digunakan. sedangkan metode diskusi itu dilakukan pada saat konfirmasi dan bisa ditambahnkan dengan metode tanya jawab agar guru dapat mengetahui jika ada anak yang belum paham. dan setelah itu bisa diberikan tugas (penugasan).
Model                     : Kooperatif
            Model pembelajaran kooperatif adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerjasama saling membantu menyelesaikan persoalan atau inkuiri. Dengan model ini siswa dapat terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran.
pendekatan             : inquiri
pengertian pendekatan inquiri menurut piaget inquiri merupakan pendekatan yang mempersiapkan peserta didik pada situasi untuk melakukan eksperimen sendiri secara luas agar melihat apa yang terjadi, ingin melakukan sesuatu mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan mencari jawabannya sendiri, serta menghubungkan jawaban yang satu dengan yang lain, membandingkan apa yang ditemukannya dengan yang ditemukan peserta didik lain.
proses-proses inquiri adalah menemukan masalah, menyusun, hipotesis, merencanakan eksperimen, melaksanakan eksperimen untuk menguji hipotesis, mensitensis pengetahuan, mengembangkan beberapa sikap yaitu sikap objektik, ingin tahu, terbuka dan bertanggungjawab.


·       Materi pokok                      : hemat energi
Kompetensi Dasar                          : 8.2 membuat suatu karya atau model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/alarm/model lampu lalulintas/kapal terbang/ mobil-mobilan/ model penerangan rumah).
metode                               : praktek (demostrasi)
Model yang sesuai dalam menjelaskan materi-materi tersebut adalah model demostrasi. Model pembelajaran demostrasi adalah model pembelajaran yang dikhususkan pada materi yang memerlukan peragaan atau percobaan. Hal itu sesuai dengan pelajaran IPA yang pada umumnya materinya memerlukan peragaan atau percobaan.
menurut kami metode ini cocok/baik digunakan karna metode ini membuat siswa mampu langsung berperan aktif dalam pembelajaran.
Pendekatan             : lebih kearah inquiri
karena pendekatan Inquiri ini menekankan pembelajaran langsung kepada praktiknya. melibatkan siswa berperan aktif dalam kegiatan pembelajarannya.
Model                     : kontesktual
Pembelajaran kontektual adalah pembelajaran yang dimulai dengan sajian atau tanya jawab lisan yang terkait dengan dunia nyata kehidupan siswa, sehingga akan terasa manfaat dari materi yang akan disajikan , motivasi belajar muncul , dunia pikiran siswa menjadi konkret, dan suasana menjadi kondusif nyaman dan menyenangkan.
prinsip pembelajaran kontektual adalah aktivitas siswa, siswa melakukan dan mengalami tidak hanya menonton dan mencatat dan pengembangan kemampuan sosialisasi. Model kontektual ini cocok digunakan pada pembelajaran ini karena model pendekatan ini lebih bersifat mencari tahu dan siswa berperan aktif dalam pebelajaran tersebut. dalam pendekatan ini didominasi guru lebih sedikit.


·       Materi Pokok                      : Bumi dan Alam Semesta
Kompetensi Dasar  : 9.1 Mendeskripsikan sistem tatasurya dan posisi penyusunan tatasurya
Metode            :
Materi ini dapat menggunakan metode Diskusi, karena metode ini dapat membangun suasana saling menghargai perbedaan pendapat dan juga meningkatkan partisipasi peserta yang masih belum banyak berbicara dalam diskusi yang lebih luas. Tujuan penggunaan metode ini adalah mengembangkan kesamaan pendapat atau kesepakatan atau mencari suatu rumusan terbaik mengenai suatu persoalan.
Model              :
Model Pembelajaran Kooperatif karena dalam memahami suatu bahan pelajaran dan menyelesaikan tugas kelompok, setiap anggota saling bekerjasama sampai seluruh anggota menguasai bahan pelajaran tersebut.
Pendekatan     :
Pendekatan Inkuiri dapat digunakan karena lebih bersifat “mencari tahu”, artinya siswa sangat aktif mencari sendiri informasi yang ia perlukan dimana pendekatan ini menginginkan keaktifan siswa untuk memperoleh informasi sampai menemukan konsep-konsep IPA.
·       Materi Pokok          : Bumi dan Alam Semesta
Kompetensi Dasar  : 9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, dan bulan

Didalam RPP ini metode yang digunakan adalah metode ceramah dan diskusi. Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan bertatap langsung kepada siswa mengenai peta konsep tentang gerak bumi, lamanya rotasi bumi selama sehari, pengaruh rotasi bumi, dan kemiringan bumi saat mengitari matahari. Dengan metode ceramah yang merupakan metode dimana guru lebih banyak memberikan informasi materi pembelajan pada siswa, sehingga siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Tetapi dalam pembelajaran metode ceramah ini diupayakan tidak hanya menyajikan informasi dari guru, karena pada setiap pembelajaran harus diusahakan siswa yang aktif.
Untuk membuat siswa lebih aktif dapat digunakan metode diskusi. Diskusi merupakan situasi dimana diantara siswa, siswa dengan guru terjadi tukar menukar informasi, idea atau pendapat untuk memecahkan suatu masalah. Sesaat setelah materi disampaikan melalui ceramah guru dapat memulai untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir, menganalisis yang pada akhirnya akan menimbulkan pertanyaan-pertanyaan dari siswa yang akan di jawab oleh guru dan juga teman sekelasnya.
Sebagai tambahan ada beberapa materi yang alangkah baiknya jika menggunakan metode simulasi. Metode simulasi adalah bentuk metode praktek yang sifatnya untuk mengembangkan keterampilan peserta belajar (keterampilan mental maupun fisik/teknis). Metode ini memindahkan suatu situasi yang nyata ke dalam kegiatan atau ruang belajar karena adanya kesulitan untuk melakukan praktek di dalam situasi yang sesungguhnya. Ada beberapa metode simulasi yang dapat diterapkan pada materi didalam RPP ini, seperti menganalogikan rotasi bumi dengan sebuah gasing yang berputar karena gasing beputar di satu titik dibaratkan bumi yang berputar di titik porosnya. Lalu ada materi bahasan fakta bumi beredar mengelilingi matahari dapat dilakukan simulasi dengan media miniatur planet-planet dalam tatasurya, yang memperlihatkan bahwa matahari sebagai poros untuk berputarnya planet-planet lain dalam tatasurya termasuk bumi. Media miniatur ini juga dapat digunakan untuk menerangkan pergerakan bulan dalam peredarannya, kedudukan revolusi bulan,  dengan bulan sebagai satelit dari bumi.
Model yang sesuai dalam menjelaskan materi-materi tersebut adalah model pembelajaran kontekstual adalah konsep pembelajaran yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa. Dan juga mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Karena materi yang disampaikan dengan model kontekstual akan lebih mudah diingat oleh siswa, dan materi dalam RPP ini lebih menekankan kearah penjelasan dalam wujud konkrit artinya harus ada bentuk wujud bendanya meskipun benda tersebut diperkecil. Seperti saat menjelaskan pengaruh rotasi bumi, guru dapat menyebutkan pengaruh-pengaruhnya yang dapat dilihat siswa secara langsung dan juga yang biasa dirasakan siswa setiap harinya.
Pendekatan dalam pembelajaran ini berdasarkan RPP yang digunakan adalah pendekatan inkuiri, karena dalam rincian kegiatan pembelajaran siswa terdapat kegiatan inti yang berupa eksplorasi yakni kegiatan untuk memperoleh pengalam-pengalamn baru dari situasi yang baru, selain itu pengertian elaborasi adalah penggarapan secara tekun dan cermat, dan konfirmasi artinya pembenaran, penegasan dalam pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip pada pendekatan inkuiri.

·       Materi Pokok          : Bumi dan Alam Semesta
Kompetensi Dasar  : 9.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
Didalam RPP ini metode yang digunakan adalah metode ceramah dan diskusi. Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan bertatap langsung kepada siswa mengenai peta konsep tentang gerak bumi, pengertian istilah dari umbra dan penumbra, penyebab terjadinya gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian, dan hal-hal penting mengenai gerhana matahari. Dengan metode ceramah yang merupakan metode dimana guru lebih banyak memberikan informasi materi pembelajan pada siswa, sehingga siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Tetapi dalam pembelajaran metode ceramah ini diupayakan tidak hanya menyajikan informasi dari guru, karena pada setiap pembelajaran harus diusahakan siswa yang aktif.
Untuk membuat siswa lebih aktif dapat digunakan metode diskusi. Diskusi merupakan situasi dimana diantara siswa, siswa dengan guru terjadi tukar menukar informasi, idea atau pendapat untuk memecahkan suatu masalah. Sesaat setelah materi disampaikan melalui ceramah guru dapat memulai untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir, menganalisis yang pada akhirnya akan menimbulkan pertanyaan dari siswa yang akan di jawab oleh guru dan juga teman sekelasnya.
Sebagai tambahan ada beberapa materi yang alangkah baiknya jika menggunakan metode simulasi. Metode simulasi adalah bentuk metode praktek yang sifatnya untuk mengembangkan keterampilan peserta belajar (keterampilan mental maupun fisik/teknis). Metode ini memindahkan suatu situasi yang nyata ke dalam kegiatan atau ruang belajar karena adanya kesulitan untuk melakukan praktek di dalam situasi yang sesungguhnya. Ada beberapa metode simulasi yang dapat diterapkan pada materi didalam RPP ini, seperti menjelaskan penyebab gerhana bulan total dan gerhana sebagian dengan menggunakan miniatur planet-planet tatasurya hanya saja yang digunakan disini hanya miniatur bumi, bulan, dan matahari. Tentu dengan bantuan senter sebagai pengganti cahaya miniatur matahari, media yang digunakkan dapat digerak-gerakkan membuat siswa tertarik untuk belajar.
Pendekatan dalam pembelajaran ini berdasarkan RPP yang digunakan adalah pendekatan inkuiri, karena dalam rincian kegiatan pembelajaran siswa terdapat kegiatan inti yang berupa eksplorasi yakni kegiatan untuk memperoleh pengalam-pengalamn baru dari situasi yang baru, selain itu pengertian elaborasi adalah penggarapan secara tekun dan cermat, dan konfirmasi artinya pembenaran, penegasan dalam pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip pada pendekatan inkuiri. Seperti saat menjelaskan pengaruh rotasi bumi, guru dapat menyebutkan pengaruh-pengaruhnya yang dapat dilihat siswa secara langsung dan juga yang biasa dirasakan siswa setiap harinya.
Model yang sesuai dalam menjelaskan materi-materi tersebut adalah model demostrasi. Model pembelajaran demostrasi adalah model pembelajaran yang dikhususkan pada materi yang memerlukan peragaan atau percobaan. Hal itu sesuai dengan pelajaran IPA yang pada umumnya materinya memerlukan peragaan atau percobaan. Seperti dalam simulasi, metode demostrasi guru menjelaskan seperti apa gerhana bulan bisa terjadi, posisi-posisi seperti apa saja yang mengakibatkan terjadinya gerhana bulan total maupun sebagian dan juga gerhana matahari total maupun sebagian.

·         Materi Pokok          : Bumi dan Alam Semesta
Kompetensi Dasar  : 9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah
Didalam RPP ini metode yang digunakan adalah metode ceramah dan diskusi. Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan bertatap langsung kepada siswa mengenai peta konsep tentang sistem penanggalan, sistem penanggalan dalam kalender tahun Masehi ataupun tahun Hijriah, dan menyebutkan masing-masing nama bulan yang ada di masing-masing tahunnya. Dengan metode ceramah yang merupakan metode dimana guru lebih banyak memberikan informasi materi pembelajan pada siswa, sehingga siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Tetapi dalam pembelajaran metode ceramah ini diupayakan tidak hanya menyajikan informasi dari guru, karena pada setiap pembelajaran harus diusahakan siswa yang aktif.
Untuk membuat siswa lebih aktif dapat digunakan metode diskusi. Diskusi merupakan situasi dimana diantara siswa, siswa dengan guru terjadi tukar menukar informasi, idea atau pendapat untuk memecahkan suatu masalah. Sesaat setelah materi disampaikan melalui ceramah guru dapat memulai untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir, menganalisis yang pada akhirnya akan menimbulkan pertanyaan dari siswa yang akan di jawab oleh guru dan juga teman sekelasnya.
Model yang sesuai dalam menjelaskan materi-materi tersebut adalah model pembelajaran kontekstual adalah konsep pembelajaran yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa. Dan juga mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Karena materi yang disampaikan dengan model kontekstual akan lebih mudah diingat oleh siswa, dan materi dalam RPP ini lebih menekankan kearah penjelasan dalam wujud konkrit artinya harus ada bentuk wujud bendanya meskipun benda tersebut diperkecil. Seperti saat menjelaskan sistem penanggalan dalam kalender tahun Masehi yang digunakan oleh pemerintah dan kalender tahun Hijriah yang digunakan umat muslim dalam kegiatan peribadatannya.
Pendekatan dalam pembelajaran ini berdasarkan RPP yang digunakan adalah pendekatan inkuiri, karena dalam rincian kegiatan pembelajaran siswa terdapat kegiatan inti yang berupa eksplorasi yakni kegiatan untuk memperoleh pengalam-pengalamn baru dari situasi yang baru, selain itu pengertian elaborasi adalah penggarapan secara tekun dan cermat, dan konfirmasi artinya pembenaran, penegasan dalam pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip pada pendekatan inkuiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar